Jumat, 30 Desember 2011

Alamat, Nama Rubrik dan Jumlah Honor Menulis di Media

Ada banyak kesempatan untuk menulis di media sebagai salah satu ajang aktualisasi dan apresiasi di dunia menulis. Hampir semua media menyediakan rubrik untuk public. Yang paling umum adalah rubric opini (bisa dengan nama lain untuk sejumlah media), cerpen, puisi dan sebagainya. Berikut nama media, nama rubrik, alamat email dan perkiraan jumlah honor (dikompilasi dari sejumlah sumber) :


  • Kompas: opini@kompas.co.id Kompas termasuk media yang memiliki begitu banyak rubric untuk masyarakat. Selain opini, ada rubric lain yang bisa dicoba seperti Teroka, Teropong dan Swara (banyak mengulas soal perempuan). Bedanya, jika rubric opini muncul setiap hari, rubric-rubrik lain ada yang tiap satu atau dua minggu. 
  • Jawa Pos (www.jawapos.com) Ada beberapa rubric yang bisa dicoba: “opini”, “ruang putih”, “di balik buku”, “cerpen”, “puisi” dsb.. Alamat email : opini@jawapos.co.id, sebutkan rubric yang dituju pada subyek email. Untuk Kolom Esai Budaya, Cerpen, Resensi Buku dan Dibalik Buku: ariemetro@yahoo.com. (Untuk resensi buku, bisa dikirim yang panjang tulisannya sampai 800 kata)
  • Seputar Indonesia (www.seputar-indonesia.com) Alamat : redaksi@seputar-indonesia.com. Ada Opini (muncul setiap hari), Kolom Budaya, Resensi, Puisi, Cerpen (ada di hari Minggu saja). Tinggal kita tulis aja mau dimuat di kolom apa pada subject email pas kirim tulisan. Honor resensi buku 200 ribu. Opini dan Kolom Budaya 400 ribu, Cerpen 400 ribu. 
  • Lampung Post (www.lampungpost.com): Untuk Kolom Opini: redaksi@lampungpost.co.id, opinilampost@yahoo.co.id, redaksilampost@yahoo.com Untuk Esai Budaya/Sastra dan Puisi: lampostminggu@yahoo.com, halaman opini@yahoo.com Honor Opini 200 ribu, Cerpen 200 ribu
  • Media Indonesia (www.media-indonesia.com): Untuk Kolom Opini dan Resensi Buku : redaksi@mediaindonesia.co.id, opinimi@yahoo.com (Panjang resensi buku maximal 800 kata. Begitu juga dengan Opini. Saat kirim lebih baik semua imel dikirimi. Honor resensi buku dan Opini 400 ribu. Nama Kolom Resensi Buku-nya: Bedah Pustaka) 
  • Bisnis Indonesia: redaksi@bisnis.co.id (Biasanya tulisan yang nyerempet soal bisnis dan ekonomi. Honor sekitar 300 ribu) 
  • Pikiran Rakyat (www.pikiran-rakyat.com) (Jawa Barat): Untuk Kolom Opini: opini@pikiran-rakyat.com à panjang tulisan maximal 6000 karakter dengan spasi honornya 300 ribu. Untuk Esai Sastra, Cerpen dan Puisi: khazanah@pikiran-rakyat.com à ada di hari Sabtu Untuk Resensi Buku: kampus_pr@yahoo.com ada cuma hari kamis (panjang tulisan 4000 karakter dengan spasi. Honornya 200 ribu.) 
  •  Koran Tempo (www.korantempo.com): Untuk Kolom Opini: koran@tempo.co.id Untuk Resensi Buku, Esai Sastra dan Puisi: ktminggu@tempo.co.id Honor Opininya sekitar 600 ribu. Satu bulan sekali ada Suplemen Ruang Baca, kalo dimuat honornya 500 ribu. Resensi buku honor 400 ribu.
  • Republika (www.republika.co.id): sekretariat@republika.co.id  ini buat Kolom Opini. 
  • Suara Karya (www.suarakarya-online.com): redaksisk@yahoo.com Ada Kolom Opini. Cerpen dan Puisi hari Sabtu. Honor Opini 150 ribu. Pemuatan bisa berminggu-minggu dan berbulan-bulan dari tanggal pengiriman. 
  • Suara Pembaruan (www.suarapembaruan.com): koransp@suarapembaruan.com semua jenis tulisan dikirim ke imel itu. 
  • Ada Kolom Opini, Resensi Buku, Puisi dan Cerpen Koran Jakarta (www.koran-jakarta.com) : redaksi@koran-jakarta.com (Setiap hari ada Kolom Opini (namanya Gagasan) dan resensi buku (Perada). Honor 400 ribu untuk Opini, Resensi buku 280 ribu. 
  • Suara Merdeka (www.suaramerdeka.com): naskah@suaramerdeka.info dan wacana@gmail.com. Ini koran Jawa Tengah, InsyaAllah bisa dicoba oleh penulis lain dari luar daerah. Ada rubrik khusus perempuan setiap Rabu, kirim ke perempuan_sm@yahoo.co.id 

  Catatan Tambahan :

  1.  Untuk Rubrik Opini, secara umum tulisan berkisar 700-850 kata. 
  2. Tulisan bisa dimuat satu hari setelah kirim, satu minggu, dua minggu atau bahkan dua bulan setelah kirim, umumnya juga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  3. Selain actual, kenali karakter media dengan sering mengunjungi webnya masing-masing. 
  4. Selain rubrik opini dan sejenisnya yang disediakan untuk publik, ada kolom khusus opini mahasiswa untuk beberapa media, ada pula media yang secara khusus memberi ruang untuk guru. 
  5. Selain opini dan cerpen, ada kolom Gagasan, seperti opini tapi lebih singkat. Di beberapa media kadang disediakan juga honor. 

Media ini bisa menjadi proses pembelajaran awal sebelum benar-benar menulis opini. Selamat mencoba dan berkarya…..

11 komentar:

  1. wah, berguna sekali infonya makasih mba :)

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat berguna nih mba... ntar kalo ada waktu mau nyoba juga ah... thanks for share ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh telatnya baca komen yang ini :( sudah mencobakah Mak Alaika? ditunggu kabar bahagianya :) sukses selalu ya.....

      Hapus
  3. informasi yg bermanfaat sekale... terima kasih ya mba... have a nice week end...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan bacanya pas week end :) terimakasih Mbak Astin.....

      Hapus
  4. Bermanfaat banget infonya mak. Baru nyoba sekali tp gak ada kabar jd males. Insya Allah mau coba lagi. Tapi kalo profil usaha sy malah sudah pernah diwawancara & dimuat dikoran lokal hehehee....

    BalasHapus
  5. saya pernah nulis di suara merdeka mb. sudah hampir satu tahun. tp belum ada honor. pdhl disitu tertulis suruh nyantumin no. rekening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih ingat tanggal pemuatan dan judul artikel, konfirmasi saja ke redaksinya Mbak, akan lebih bagus kalau kebetulan rumahnya dekat dengan SM, langsung ke sana saja dan menemui bagian keuangan. teman saya yang dekat biasanya langsung ambil sendiri.

      Hapus
  6. Mbak Ririn, ijin sya copas ke blog ya? untuk pengingat sendiri

    BalasHapus

 
;